Minggu, 21 Juni 2015

Harga ikan laut di Pasar Tradisional seputaran Mempawah

TRIBUN PONTIANAK


Memasuki awal puasa, harga ikan laut di Pasar Tradisional Sebukit Rama, Mempawah dan beberapa lokasi penjualan ikan lainnya, terus mengalami kenaikan cukup drastis. Dibandingkan dari H-1 nyambut puasa, kini harga ikan laut naik sekitar, Rp 10-15 ribu per kilogramnya, Minggu
(21/6/2015).

 Image result for pasar ikan mempawh

Kondisi ini, disebabkan berkurang pasokan ikan dari nelayan. Kompleksnya permasalah dari para nelayan sehingga hasil tangkapan mereka cenderung berkurang, ditambah lagi meningkatnya kebutuhan masyarakat pada Ramadan ini.
Kepala Bidang Tangkap dan Pemasaran, Dinas Kelautan dan Laut (DKP), Tedy Prawoto menuturkan, saat ini nelayan memang mengalami kurangnya hasil tangkapan.
Banyak faktor yang menjadi penyebab, sehingga pihaknya segera akan melakukan pendataan penyebab secara spesifik terjadi penurunan hasil tangkapan.

 Image result for pasar ikan
"Permasalahan di nelayan memang kompleks terjadi. Di antara penyebabnya bisa dari cuaca, secara global memang berpengaruh terhadap penurunan hasil tangkapan. Termasuk pada nelayan yang melakukan penangkapan pada jenis satu jenis ikan," ujarnya.
Seperti udang, harga saat ini sesuai kualitasnya, harganya berkisar di Rp 40 dan 50 ribu per kilogra, cumi Rp 60 ribu per kg, tongkol Rp 40 ribu per kg. Di mana rata-rata dari kenaikan harga ikan itu sudah mengalami kenaikan Rp 10 sampai Rp 15 ribu per kg dibandingkan waktu sebelum puasa.
"Memang kondisi ini tidak bisa ditampik, penyebabnya dari berkurangnya tangkapan nelayan. Dari itu kami masih akan melakukan pendataan apa yang jadi penyebab dari penurunan hasil tangkapan," ungkapnya.
 Image result for kartun ikan

Tidak ada komentar: