Jumat, 19 Juni 2015

Pasar Juma'at Semudun di Kabupaten Mempawah


Semudun adalah salah satu desa di kec. Sungai Kunyit. Terletak lebih kurang 12 Km dari Mempawah. Pasar semudun mempunyai keunikan sendiri, di mana pasar ini terdiri dari 9 blok ruko yang memanjang di sebelah barat. Sedangkan di seberang jalannya adalah pemukiman penduduk, jadi pasar Semudun di sebut juga pasar sebelah di karenakan rukonya hanya di sebelah barat saja.


Setiap hari jumaat ada pasar Rakyat sehari yang di sebut pasar jumaat, pasar jumaat semudun adalah pasar rakyat sehari di lokasi kaki lima pasar semudun. Kegiatan ini berawal sejak awal tahun 2000 an dan berlangsung hingga sekarang. Kegiatan pasar ini di mulai dari sejak pagi dan berakhir sebelum shalat juma,at. Adapun barang dagangan yang menjadi trend adalah pakaian lelong, alat alat dapur, kaset VCD dan lain lain.

Image result for pasar semudun
Menurut warga setempat, pada tiap jumaat masyarakat di sekitar semudun akan berbondong bondong untuk mencari keperluan, untuk muda mudi kadang pasar jumaat di jadikan ajang mejeng.

Untuk keamanan berbelanja, di sini sangat aman, karena tidak pernah ada pengunjung yang kecopetan atau kemalingan motor atau pun tawuran pemuda pada saat hari pasar jumaat, hal ini di karenakan kamtibmas selalu terjaga dengan bekerjasama antara aparat kepolisian dan perangkat desa.


Tidak ada komentar: